Senin, 10 September 2012

Agama




         TAUBAT
             Pengertian 'Taubat'

Taubat adalah kembalinya seorang hamba kepada Allah Ta'ala, tidak ada sekutu bagi-Nya dari dosa yang pernah ia lakukan karena sengaja atau lupa dengan kembali secara benar, ikhlas, percaya, dan berhukum dengan ketaatan yang akan mengantarkan hamba tersebut kepada kedudukan para wali Allah yang bertakwa serta menjauhkan antara ia dengan jalan-jalan syaitan.

Menurut syariat, taubat artinya meninggalkan seluruh perbuatan dosa dan menyesali semua kemaksiatan yang telah dikerjakannya kerana Allah SWT. Kemudian berusaha untuk tidak mengulangi bila-bila dan di mana saja, walaupun dia mampu dan tahu akan kemungkinan untuk mengulanginya.












Syarat
-syarat Taubat

1.  Ikhlas. Artinya, taubat pelaku dosa harus ikhlas semata-mata karena Allah, bukan karena lainnya.
2. Menyesali dosa yang telah diperbuatnya.
3. Meninggalkan sama sekali maksiat yang telah dilakukannya.
4. Tidak mengulangi. Artinya, seorang muslim harus bertekad tidak mengulangi perbuatan dosa tersebut.
5. Istighfar. Yaitu memohon ampun kepada Allah atas dosa yang dilakukan terhadap hakNya.
6. Memenuhi hak bagi orang-orang yang berhak, atau mereka melepaskan haknya tersebut.
7.  Waktu diterimanya taubat itu dilakukan di saat hidupnya, sebelum tiba ajalnya.









“NASKAH TAUBAT”
*     MEMILIH  DOSA  APA ?
BERDOSA KEPADA ORANG TUA.
  Saya pernah berbohomg kepada orang tua,saat ingin keluar malam bersama teman-teman ikut takbiran.saya membohongi orang tua dengan alasan pergi kerrumah teman ,padahal ingin pergi keluar takbiran.jika saya berkata jujur kepada orang tua ,yakin dan pasti mereka tidak bemberikan izin untuk pergi.jadi jalan satu-satunya adalah berbohong kepada mereka,semata-mata hanya ingin melihat keramaian malam takbiran di lapangan..
*    MENYESAL
   Menyesal karena telah embohongi kedua orang tua, dan hilang kepercayaan lagi dari mereka,dan apa yang mereka lakukan (melarang anaknya ) itu karena mereka tidak ingin terjadi apa-apa pada kita.
*    BERJANJI  TIDAK  MENGULANGI
   berjanji tidak akan mengulangi perbuatan saya dengan cara memohongi orang tua,karena saya yakin mereka melarang kita begini begitu ,hanya karena mereka tak ingin terjadi apa-apa .
*    MEMOHON  AMPUN  KEPADA  ALLAH  SWT.
   Ya ALLAH ampunilah dosa-dosa ku yang selama ini ku perbuat,ku tak tau apa yang ku lakukan itu adalah dosa besar, tapi ku hanya manusia biasa yang mudah tegoda oleh seytan,dan tidak memikirkan akibatnya , ya ALLAH ampunilah hambah mu ini…
*    MEMOHON  AMPUN  KEPADA  ORANG TERSEBUT..
Mama & papa maafkan lah anak mu ini yang telah berani membohongi mu,aku tau apa yang kulakukan ini membuat mama & papa sudah tidak percaya lagi , tapi aku berjanji tidak akan mengulangi perbuatan yang sama lagi…



Tidak ada komentar:

Posting Komentar